PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MEDIA POWER POINT KELAS IV SDN SUCI 01 SEMESTER I KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Fakta  yang  terjadi  di  lapangan,  mayoritas  siswa  Sekolah  Dasar  tidak 
menyukai pelajaran  IPA. Hal ini selain dikarenakan  IPA dianggap sebagai pelajaran 
yang  sulit  dipahami    juga  karena  pembelajaran    IPA  disajikan  dalam  bentuk 
pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar 
mengajar  sehingga  siswa  cenderung  pasif  selama  pembelajaran.  Selain  itu,  dalam 
pembelajaran  guru  jarang  menggunakan  media  pembelajaran  sehingga  pembelajaran 
bersifat  abstrak.  Media  Teknologi  Informasi  (power  point)  yang  dipadukan  dengan 
strategi  pembelajaran  Think  Pair  Share  merupakan  stategi  pembelajaran  yang 
memberikan porsi yang cukup banyak kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar 
sehingga  siswa  tidak  lagi  menjadi  obyek  belajar  tetapi  sudah  diposisikan  sebagai 
subyek  belajar.  Penggunaan  media  pembelajaran  Teknologi  Informasi  (power  point) 
dapat  meningkatkan  pemahaman  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa,  karena  dengan 
menggunakan power point pembelajaran menjadi bersifat lebih menarik. Tujuan dari 
penelitian  ini  adalah:  (1)  untuk  mendeskripsikan  aktivitas  siswa  selama  kegiatan 
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan media Power point ; (2) 
Mendeskripsikan  ketuntasan  hasil  belajar  Siswa  Kelas  IV  SDN  Suci  01  dengan 
penerapan  pembelajaran  kooperatif  tipe  Think-Pair-Share  (TPS)  dengan  media 
Teknologi Informasi. 
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Suci 01 kls IV Semester satu Tahun 
2010/2011  Kecamatan  Panti  Kabupaten  Jember  yang  terdiri  dari  30  siswa,  12  orang 
siswa  laki-laki  dan  18  orang  siswa  perempuan.  Siswa  dibagi  menjadi  15  kelompok 
yang  heterogen.  Penelitian  ini  menggunakan  penelitian  kualitatif  dan  jenis 
penelitiannya  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  sebanyak  2  siklus. Metode  pengumpulan  data  melalui  tes,  observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. 
Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kualitatif  dan  kuantitatif. 
Deskriptif  kualitatif    digunakan  untuk  menganalisis  data  hasil  observasi,  wawancara 
dan  dokumentasi,  sedangkan  deskriptif  kuantitatif  digunakan  untuk  menganalisis  tes 
individu, dan tes kelompok. 
Pengambilan  data  dilakukan  mulai  tanggal  02  Desember  2010  sampai  14 
Desember  2010  dengan  subyek  penelitian  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Suci  01 
Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Data  yang  dikumpulkan berupa aktivitas siswa 
secara  individu  dan  aktivitas  guru.  Hasil  pengamatan  guru  diperoleh  persentase 
aktivitas  siswa  adalah  47,5%  pada  siklus  1  dan  58,9%  pada  siklus  2.  Persentase 
aktivitas  guru  adalah  36,7%  pada  siklus  1  dan  70%  pada  siklus  2.  Berdasarkan 
analisis  hasil  belajar  pada  siklus  I  dan  siklus  II  menunjukkan  bahwa  siswa  kelas  IV 
telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. 
    Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  strategi  pembelajaran  think  pair  share 
dengan media teknologi informasi (power point) efektif digunakan pada pembelajaran 
IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda. Dengan menggunakan strategi 
pembelajaran think pair share dengan media teknologi informasi (power point) dapat 
meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada  pokok  bahasan  sifat  dan 
perubahan  wujud benda. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir 
siklus 1 dan 2. Persentase hasil tes akhir siswa pada siklus I sebesar 73,3%, dan pada 
siklus II sebesar 86,7%
