ANALISIS BRAND LOYALTY KARTU SELULER MEREK MENTARI DAN IM3 PADA KONSUMEN DI KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui brand loyalty konsumen kartu
seluler merek Mentari dan IM3 pada konsumen ditinjau dari switcher, habitual
buyer, satisfied buyer, liking the brand, dan committed buyer dan menganalisis
kemungkinan perpindahan merek pada kartu seluler merek Mentari dan IM3 pada
konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna kartu seluler
merek Mentari dan IM3 di Kecamatan Sumbersari Jember. Metode sampling yang
digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 200
orang. Variabel yang diteliti adalah tingkatan loyalitas merek (level of brand
loyalty). Variabel ini terdiri dari lima sub-variabel antara lain: price (harga), Tarif
SMS (Short Message Service), Tarif telepon, Kelengkapan layanan, Sinyal kuat,
Masa aktif yang panjang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Rata-rata dan standar deviasi, dan brand switching pattem matrix.
Berdasarkan hasil analisis dan Piramida Brand Loyalty Kartu Seluler Mentari dan
IM3, bentuk tingkatan brand loyalty-nya mendekati bentuk segitiga terbalik,
bagian terbawah dimulai dari tingkatan switcher, habitual buyer, satisfied buyer,
liking the brand, dan commited buyer. Berdasarkan perhitungan kemungkinan
perpindahan merek (Possibility Rate of Transition) didapatkan hasil bahwa nilai
kemungkinan perpindahan merek seluler Mentari lebih besar daripada pengguna
kartu seluler IM3. Hal ini juga terlihat dari jumlah prosentasi konsumen yang
tidak loyal pada kartu seluler Mentari yang lebih besar dari pada kartu seluler
IM3.