PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JENGGAWAH 05 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Permasalahan yang muncul di SDN Jenggawah 05 yaitu rendahnya aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain: (1) pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang
berprestasi, (2) kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar, (3)
kurangnya variasi metode yang digunakan untuk penyampaian materi. Salah satu
cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA yaitu dengan menerapkan
model Learning Cycle dalam pembelajaran IPA. Model Learning Cycle merupakan
model pembelajaran yang terdiri dari rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang
disususn sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi
yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui
Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?, (2) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
melalui Learning Cycle pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember?.
Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Bagian-
bagian Tumbuhan dan Fungsinya melalui Learning Cycle, (2) Untuk meningkatkan
hasil belajar IPA pokok bahasan Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada
siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 melalui Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SDN Jenggawah 05 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa
sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas
dan hasil belajar siswa selama pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
penggunaan Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pokok
bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN
Jenggawah 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor rata-rata yang diperoleh
sebelum adanya tindakan sebesar 38,46%, siklus I sebesar 59,40%, siklus II sebesar
70,94%, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat
pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan
ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I sebesar 73,08%, siklus II sebesar 84,62%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru dapat menggunakan model
Learning Cycle sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat
mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.