PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGER
Abstract
Keterampilan  berbahasa  pada  dasarnya  memiliki  empat  aspek  yakni  :
keterampilan  menyimak,  berbicara,  membaca,  dan  menulis.  Keempat  keterampilan
tersebut  hendaknya  mendapat  porsi  seimbang  dan  terintegrasi  pada  pembelajaran
Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa, sebab keempat keterampilan tersebut
memiliki  keterkaitan  satu  dengan  yang  lain  untuk  menuju  pada  bahasa  sebagai  alat
komunikasi  yang  mudah  dimengerti. Berdasarkan  observasi  pada pelajaran  Bahasa
Indonesia  materi  membuat  dialog  dengan  Tema  Kesehatan  yang  dilakukan  peneliti
terhadap  guru  kelas  pada  saat  mengajar  diperoleh  keterangan hanya  2  siswa  yang
mendapat  nilai  B  (skala  nilai  70-79),  13  siswa  mendapat  nilai  C  (skala  nilai  60-69),
dan 7 siswa mendapat nilai D (skala nilai 50-59) dari total 22 siswa.
Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa  dalam
berbahasa  baik  secara  lisan  maupun  tulisan  dengan  baik  dan  benar  yang  dibuktikan
dengan  peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  Bahasa
Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil
dari  media  cetak agar  siswa  dapat  berpendapat  sekaligus memberikan solusi  dari
peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD.
Pendekatan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger
sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan
Peneliti yaitu  Guru  Kelas  V  SDN  Mlokorejo  04  Puger,  Siswa,  dan  Referensi  yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan analisis  data  dan  pembahasan  dapat disimpulkan bahwa
penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat
siswa  kelas  V  SDN Mlokorejo  04  Kecamatan  Puger  berjalan  dengan  baik,  siswa
terlihat  lebih  antusias  dan  tertarik  dalam  mengikuti  pelajaran. Media  gambar  yang
menarik  dapat  meningkatkan  aktifitas  belajar  siswa.  Hal  tersebut  dapat  ditunjukkan
pada analisis aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa
mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, memperhatikan penejelasan guru, dan
mengerjakan  tugas  dengan  baik  dan  semangat. Peningkatan aktifitas belajar    siswa
sampai  pada  siklus  II  mencapai 78  % dan  tergolong  dalam  kategori sangat  aktif.
Penerapan  media  gambar  yang  terintegrasikan  dalam  siskusi  kelompok dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar
pada siklus 1 secara klasikal sebesar 74% (tidak tuntas) dan siklus  II secara klasikal
sebesar 83% (tuntas).
Saran  peneliti  adalah  guru  dapat  menerapkan penggunaan  media  gambar
yang menarik sebagai alternatif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa
yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar
siswa lebih  terbuka  dan  mau  bertanya, mempresentasikan  hasil  diskusi  dan selalu
siap  dalam  menerima  materi pembelajaran.  Hal  tersebut  dimaksudkan  agar  siswa
lebih  memahami  dan  mampu  mengungkapkan  pendapatnya  secara  lisan  maupun
tulisan. Guru harus memilih gambar yang sesuai dengan materi dan mengangkat topik
diskusi yang  sederhana  sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi  lingkungan  siswa  serta
membuat  persiapan  yang  baik  yang  sesuai  dengan  perkembangan  diri  dan  kesiapan
siswa  agar  dalam  proses  pembelajaran  nanti  dapat  berjalan  dengan  lancar. Peneliti
yang  ingin  meneliti  kasus  sejenis,  maka  hasil  penelitian  ini  dapat  menjadi  referensi
dan pedoman untuk melakukan penelitian lebih lanjut.
