• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE CERAMAH DAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

    Thumbnail
    View/Open
    anayuniari_1.pdf (64.61Kb)
    Date
    2014-01-10
    Author
    Ana Yunia Rita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran kooperatif menurut Lie (2005:8), merupakan suatu alternatif menarik dalam memecahkan beberapa masalah yang dihadapi, dalam upaya mengaktifkan siswa dalam belajar. Salah satu metode kooperatif paling sederhana adalah STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa yang antara kelas yang diajar menggunakan metode STAD dan kelas yang diajar dengan metode ceramah pada pokok bahasan permintaan, (2) melihat seberapa besar efektifitas penggunaaan metode STAD pada pokok bahasan permintaan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB dan VIIID semester ganjil di SMP Negeri 1 Ambulu tahun ajaran 2007-2008. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji t dan Uji efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan metode STAD dan metode ceramah. Besar efektivitas relatif dari penggunaan metode STAD terhadap hasil belajar tergolong efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan penggunaan metode ceramah tergolong cukup efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14038
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository