dc.description.abstract | Penerapan metode yang kurang inovatif yaitu hanya memakai metode ceramah
dan pemberian tugas serta tidak menggunakan media pada saat kegiatan belajar
mengajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Kurangnya aktivitas pada diri
siswa menambah suasana proses belajar mengajar semakin pasif.
Penggunaan model Think-Talk-Write dengan media gambar ini sengaja peneliti
pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan serta
meningkatkan hasil belajar siswa. Model Think-Talk-Write adalah suatu model
pembelajaran yang membangun secara tepat untuk berfikir dan refleksi untuk
mengorganisasikan ide-ide serta mengetes ide tersebut sebelum menulis. Media
sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran mempunyai fungsi melancarkan jalan
menuju tercapainya tujuan pengajaran yang akan menghasilkan proses dan hasil
belajar yang lebih baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Think-Talk-Write dengan media
gambar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di
Indonesia di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model Think-Talk-Write dengan media gambar
pada siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di
Indonesia di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012? Tujuan penelitian yang dicapai pada penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan
Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan penerapan Think-Talk-Write dengan
media gambar di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten
Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012, (2) Meningkatkan hasil
belajar IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan
penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar pada kelas V Semester Ganjil SD
Negeri Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011-
2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think-Talk-Write
dengan media gambar. Model TTW ini memiliki 3 aspek penting yaitu berpikir
(Think), diskusi (Talk), dan menulis (Write). Media gambar disini berfungsi sebagai
perantara dalam menyampaikan pesan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan
ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan
aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh sebelum pada
siklus I adalah menjadi 58,42% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 67,83%.
Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif.
Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-
rata 76,19% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 79,13% pada siklus II.
Berdasarkan analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia pada
siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo tahun ajaran 2011-2012. Peneliti memberi saran,
dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa diharapkan model Think-
Talk-Write digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran. | en_US |