Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Rendahnya  nilai  hasil  belajar IPS siswa  kelas  IV  SDN  Kertosari  01  Jember
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di
sekolah  masih  bersifat  konvensional,  penggunaan  alat  peraga/media  jarang  sekali
digunakan,  dan  praktik  pembelajarannya  kurang  memanfaatkan  situasi  nyata  di
lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan
juga  berakibat  pada  kemampuan  siswa  dalam mengembangkan keterampilan  proses
untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga  rumusan masalah  yang timbul  yaitu
bagaimanakah peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar  IPS siswa  kelas  IV  SDN
Kertosari  01  Jember  setelah  penerapan metode  pembelajaran Learning  Together
dengan media card sort.
Tujuan  penelitian  ini  meliputi  dua  hal  yaitu  meningkatkan aktivitas  belajar
dan  hasil  belajar IPS pokok  bahasan Teknologi  Produksi,  Komunikasi,  dan
Transportasi melalui  metode pembelajaran Learning  Together dengan  media Card
Sort pada  siswa kelas  IV SDN  Kertosari  1  Pakusari  Jember  Tahun  Ajaran  2010/
2011. Penelitian  ini  dilakukan  melalui metode  pembelajaran Learning Together
dengan  media card  sort untuk  Meningkatkan  Aktivitas  dan  Hasil  Belajar  IPS Siswa
Kelas  IV  SDN  Kertosari  01  Tahun  Ajaran  2010/2011. Pengambilan  data  dalam
penelitian  ini,  dilaksanakan  di  SDN Kertosari 01 Kecamatan  Pakusari  Kabupaten Jember,  dimulai  pada  tanggal 23 April  2011 sampai  tanggal 4  Juni 2011. Subyek
penelitian  adalah  siswa  kelas  IV dengan  jumlah  siswa 36 anak,  terdiri  dari 12 laki-
laki  dan 24 perempuan. Jenis  penelitian  ini  adalah  menggunakan  pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil  analisis  aktivitas  belajar  IPS siswa  kelas  IV  SDN  Kertosari  01  Jember
selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Together dengan
media card  sort yaitu  sebesar  21,76%.  Persentase  keaktifan  siswa  secara  klasikal
pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 %  yang termasuk dalam
kategori  sangat  aktif,  sedangkan    hasil  belajar  IPS siswa  kelas  IV  SDN  Kertosari
Jember selama proses pembelajaran melaui metode pembelajaran Learning Together
dengan  media card  sort sangat  signifikan  jika  dibandingkan  dengan  hasil  belajar
sebelum  tindakan  (prasiklus).  Persentase  hasil  belajar  yang  diperoleh  dari  tahap
prasiklus  sebesar 52,77%  menjadi  69,44  %  pada  siklus  I  yang  menunjukkan
peningkatan  sebesar 16,67%.  Persentase  hasil  belajar  pada  siklus  II  yang  diperoleh
dengan  memperbaiki  hasil  refleksi  dari  siklus  I  adalah  sebesar  94,4%  yang
menunjukkan peningkatan sebesar 24,96%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning together
dengan card  sort dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  IPS siswa  kelas  IV
SDN  Kertosari  01  Jember  tahun  pelajaran  2010/2011. Saran  yang  dapat  diberikan
dari hasil penelitian, bila penerapan metode pembelajaran Learning together dengan
media card  sort diterapkan  dalam  pembelajaran  IPS,  maka  guru  hendaknya  lebih
memperhatikan  pengelolaan  kelas  dan  menguasai  materi-materi  yang  diberikan  agar
kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, hendaknya lebih aktif
dalam  melakukan  inovasi  pembelajaran,  agar  siswa  tidak  merasa  bosan,  tidak
kesulitan  dalam  memahami  materi  dan  aktif  selama  pembelajaran. Untuk  peneliti
lainnya  perlu  pelaksanaan  penelitian  lebih  lanjut  tentang metode  pembelajaran
Learning  together dengan  media card  sort serta  mengkombinasikan  dengan  metode
mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.
