FAKTOR-FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIS MASALAH (PBL) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember Angkatan 2008 yang Menjalani Kurikulum Berbasis Kompetensi Model SPICES)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK
UNEJ angkatan 2008 secara kuantitatif, mengetahui korelasi antara motivasi
belajar dengan pretasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008, dan
mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angakatn 2008 secara
kualitatif. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuisioner dengan
populasi total sampling. Metode kusioner ini menggunakan survey kuisioner
Strength of Motivation for Medical School Questionnaire yang dibuat oleh
Nieuwhof (2004). Selanjutnya hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk
mencari korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar.
Selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar
dilakukan Focus Group Disscussion (FGD) yang beranggotan 10 orang dan
wawancara mendalam pada dua orang responden. Pada FGD responden diambil
dengan metode simple random sampling. Sedang pada wawancara mendalam
diambil responden dengan metode purposive sampling. Analisis data pada
penelitian kuantitatif menggunakan korelasi Spearman dan data disajikan dalam
bentuk scatter chart untuk dilihat korelasinya. Sedangkan data pada penelitian
kuantitatif akan di buat menjadi bentuk transkrip wawancara yang selanjutnya
akan dianalisa hasil diskusinya. Data ini nantinya kan disajikan dalam bentuk
narasi deskriptif.
Dari hasil penelitian kuantitatif didapatkan rho Spearmann sebesar -0.034
yang berarti bahwa tidak ada korelasi yang bermakan antara motivasi belajar
dengan prestasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angakatan 2008. Sedangkan
dari hasil FGD dan wawancara mendalam diketahui bahwa faktor-faktor yang
memicu motivasi belajar mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal yang memicu motivasi belajar ialah minat.
Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah
keluarga, teman sejawat, lingkungan tempat tinggal dan sistem kurikulum PBL.
Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar tersebut
diharapkan baik mahasiswa dan insititusi dapat mengoptimalkan faktor-faktor
tersebut untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]