Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model
pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen terhadap Hasil
belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember dan (2)
mengkaji pengaruh model pembelajaran Think-pair-share dengan metode
Eksperimen terhadap Sikap Ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII
SMPN 10 Jember.
Jenis penelitian ini adalah true eksperiment. Tempat penelitian
dilaksanakan di SMPN 10 Jember.. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas pada kelas VII. Penentuan sampel penelitian
menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain posttest
control design. Dalam penelitian ini terdapat satu kelas ekperimen yang
menerima pembelajaran dengan model Think-pair-share dengan metode
Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji
Independent Sample T Test program SPSS 16.
Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan ada pengaruh
yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Thinkpair-
share dengan metode Eksperimen dan yang tidak menggunakan
pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen kelas XI VII SMPN
10 Jember. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) model pembelajaran Think-pairshare
(TPS) dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap Hasil belajar
siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember; (2) model
pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap
Sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember.