• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Zulfa Hasanah_1.pdf (631.2Kb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    Zulfa Hasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen terhadap Sikap Ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPN 10 Jember.. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas VII. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain posttest control design. Dalam penelitian ini terdapat satu kelas ekperimen yang menerima pembelajaran dengan model Think-pair-share dengan metode Eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Thinkpair- share dengan metode Eksperimen dan yang tidak menggunakan pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen kelas XI VII SMPN 10 Jember. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) model pembelajaran Think-pairshare (TPS) dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember; (2) model pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen berpengaruh terhadap Sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13788
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository