Show simple item record

dc.contributor.authorUlfatun Nikmah
dc.date.accessioned2014-01-07T02:13:46Z
dc.date.available2014-01-07T02:13:46Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM090210102088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13780
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,7 dan kelas kontrol sebesar 70,9 dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Pada kelas eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih banyak mengajak siswa berfikir baik secara individu maupun dalam diskusi kelompok dan berinteraksi dengan bantuan media CD interaktif yang menarik, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang paling rendah adalah bertanya dengan persentase rata-rata sebesar 70,37 %. Hal ini dikarenakan siswa kurang percaya diri karena masih merasa malu untuk bertanya. Aspek aktivitas siswa yang paling tinggi adalah memperhatikan penjelasan guru dengan persentase rata-rata sebesar 87,03 %. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen pada KBM 1 dan KBM 2 diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 79,16 % dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media CD interaktif dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol (2) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media CD interaktif termasuk dalam kategori aktif .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102088;
dc.subjectThink Pair Share (TPS), Media CD Interaktif, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI MEDIA CD INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KENCONG JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record