• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIIC DI SMP NEGERI 1 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Tiyas Dewi Puspita_1.pdf (1.345Mb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    Tiyas Dewi Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan penugasan telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, grafik dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-C SMP Negeri 1 Bondowoso. Kemampuan rata-rata representasi verbal meningkat dari 15,11 pada pra siklus menjadi 19,46 pada siklus 1 dan 22,11 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong pada kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan menggunakan N-gain yaitu sebesar 0,44 menjadi kriteria tinggi pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,71. Kemampuan skor rata-rata representasi matematik meningkat dari 19,71 pada pra siklus, 23,32 pada siklus 1 dan 23,46 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,68 pada siklus 1 dan menjadi kriteria tinggi dengan N-gain sebesar 0,71 pada siklus 2. Kemampuan skor rata-rata representasi gambar meningkatkan dari 10,86 pada pra siklus menjadi 15,39 pada siklus 1 dan 18,53 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,32 menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0.49. Kemampuan skor rata-rata representasi grafik meningkat dari 13,32 pada pra siklus menjadi 18,01 pada siklus 1 dan 19,01 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 dengan menggunakan perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,4 dan menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,49. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil di atas penerapan metode demonstrasi dan penugasan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13778
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository