PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Keterampilan membaca merupakan modal utama dalam memperoleh ilmu
pengetahuan yang lainnya. Banyaknya informasi yang diperoleh melalui media cetak
dan internet yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat membuat banyaknya orang
yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan awal di
SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember, diperoleh beberapa permasalahan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia dintaranya : 1) siswa belum dapat memahami isi bacaan
yang dibacanya, dan 2) siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang
dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Alternatif pemecahan masalah yang
diambil adalah strategi membaca KWL (Know, Want, and Learn), karena strategi KWL
melibatkan tiga langkah dasar yang menuntun siswa dalam memberikan salah satu jalan
tentang apa yang telah mereka ketahui (K), menentukan apa yang ingin mereka ketahui
(W), dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca (L).
Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini
adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012? dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil
belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkannya strategi KWL?”.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a)
Mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas III Kabupaten jember tahun pelajaran 2011-2012, dan
b) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 melalui proses penerapan strategi
KWL.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan
penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana peneliti sebagai
pelaksana tindakan (praktisi) dan guru sebagai observer. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian
Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
observasi, tes, dan wawancara.
Proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun
pelajaran 2011-2012 dilakukan dengan cara: a) guru (praktisi) menjelaskan langkah-
langkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL secara jelas, b) guru
sering memberikan contoh kepada siswa dalam mengerjakan LKS dan merangkum isi
teks bacaan, d) guru sering berkeliling untuk mengecek siswa dalam mengerjakan tugas
yang diberikan, dan e) guru pandai menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi KWL mengalami peningkatan.
Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan
yang mereka baca serta dapat membuat kesimpulan/ringkasan yang singkat, jelas dan
sesuai dengan isi teks bacaan yang dibaca. Peningkatan kemampuan membaca siswa
juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II
dengan SKM yang telah ditetapkan di SDN Banjarsengon 02 adalah nilai 60. Pada tahap
prasiklus nilai rata-rata siswa 51,9 pada siklus I setelah diterapkan strategi KWL terjadi
peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 67,5 dan pada siklus II nilai rata-rata
siswa 84,3.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran
mata pelajaran lain aspek membaca bisa menggunakan penerapan strategi KWL karena
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu, siswa juga dapat
membandingkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelum membaca dengan
pengetahuan yang dimiliki setelah membaca.