Show simple item record

dc.contributor.authorMochammad Maulana Trianggono
dc.date.accessioned2013-12-30T01:47:48Z
dc.date.available2013-12-30T01:47:48Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM090210102057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13712
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat evaluasi pembelajaran berbasis web pada pokok bahasan optika geometri dan dinamika rotasi di SMA. Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4- D. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, respon siswa, dan analisis butir soal untuk mengukur validitas dan reliabilitas soal. Hasil validasi logic untuk kisi-kisi soal kelas X adalah 3,98; perangkat evaluasi kelas X sebesar 4,01; kisi-kisi soal kelas XI sebesar 4,00; dan perangkat evaluasi kelas XI sebesar 4,04. Sebesar 81,21% siswa kelas X-6 memberikan rsepon positif terhadap penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web, sedangkan sebesar 95,19% siswa kelas XI IPA 2 memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web. Validitas dan reliabilitas soal kelas X pada pokok bahasan optika geometri didapatkan: soal pilihan ganda tipe A memiliki 2 soal valid dan 8 soal tidak valid serta dikategorikan tidak reliabel; soal pilihan ganda tipe B memiliki 5 soal valid dan 5 soal tidak valid serta dikategorikan tidak reliabel; soal esai memiliki 3 soal valid dan 2 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel rendah. Validitas dan reliabilitas soal kelas XI pada pokok bahasan dinamika rotasi didapatkan: soal pilihan ganda tipe A memiliki 6 soal valid dan 4 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang; soal pilihan ganda tipe B memiliki 7 soal valid dan 3 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang; soal esai memiliki 4 soal valid dan 1 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sangat rendah. Kesimpulan pada penelitian ini antara lain, kualitas perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web dapat dikatakan baik; respon siswa dan guru terhadap perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web adalah positif; dan Validitas dan reliabilitas soal kelas XI lebih tinggi dibandingkan kelas X.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102057;
dc.subjectPembelajaran Fisika, Optika Geometri dan Dinamika Rotasi, Berbasis Weben_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB DI SMA (uji coba pada pokok bahasan optika geometri dan dinamika rotasi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record