• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Mahesa Kale_1.pdf (77.32Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Mahesa Kale
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, penilaian unjuk kerja, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis ttes, dan menggunakan presentase skor ketrampilan proses sains. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan ketrampilan proses sains dengan model TPS dan yang menggunakan model konvensional dengan cara menganalisis dari selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan uji t pada SPSS 16, yaitu Independent Samples Test.. Analisa data yang digunakan untuk mendeskripsikan ketrampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran think pair share berdasarkan hasil penilaian jawaban pada Lembar kerja Siswa (LKS). Aspek ketrampilan proses sains yang diukur adalah merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variable, mencatat hasil pengamatan, menganalisis data, dan menyimpulkan. Persentase ketrampilan proses sains siswa tiap pertemuan berturut-turut adalah 88,02%, 90,28%, dan 89,24%. Sedangkan persentase ketrampilan proses sains siswa secara keseluruhan adalah 88,56, dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan pendekatan ketrampilan proses sains dengan model konvensional, (2). Ketrampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika setelah menggunakan ketrampilan proses sains termasuk dalam kategori baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13704
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository