PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN MOJO 02 KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mojo 02, aktivitas belajar 
siswa  tergolong  rendah  sehingga  berdampak  pada  hasil  belajar  siswa  yang  rendah 
pula.  Beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  hal  tersebut  adalah  pembelajaran  yang 
kurang  variatif,  penggunaan  metode  ceramah  dan  tanya  jawab,  penggunaan  media 
dan  alat  peraga  yang  kurang  menarik,  serta  pembelajaran  IPA  yang  masih 
menekankan  pada  konsep-konsep  yang  ada  di  dalam  buku  paket.  Oleh  karena  itu, 
diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada 
mata  IPA  yaitu  melalui  model  pembelajaran  kooperatif  dengan  menggunakan 
pendekatan SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah 
peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dalam  mata  pelajaran  IPA  pokok  bahasan  fungsi 
alat-alat  tubuh  pada  siswa  kelas  V  SDN  Mojo  02  Kecamatan  Padang  Kabupaten 
Lumajang  tahun  pelajaran  2011/2012  melalui  model  Cooperative  Learning  dengan 
pendekatan  Somatik,  Auditori,  Visual,  Intelektual  (SAVI)?;  (2)  Bagaimanakah 
peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-
alat  tubuh  pada  siswa  kelas  V  SDN  Mojo  02  Kecamatan  Padang  Kabupaten 
Lumajang  tahun  pelajaran  2011/2012  melalui  model  Cooperative  Learning  dengan 
pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)? Tujuan  dalam  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk  peningkatan  aktivitas  belajar 
siswa  dalam  mata  pelajaran  IPA  pokok  bahasan  fungsi  alat-alat  tubuh  pada  siswa 
kelas  V  SDN  Mojo  02  Kecamatan  Padang  Kabupaten  Lumajang  tahun  pelajaran 
2011/2012  melalui  model  Cooperative  Learning  dengan  pendekatan  Somatik, 
Auditori, Visual, Intelektual (SAVI); (2) Untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam 
mata  pelajaran  IPA  pokok  bahasan  fungsi  alat-alat  tubuh  pada  siswa  kelas  V  SDN 
Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui 
model  Cooperative  Learning  dengan  pendekatan  Somatik,  Auditori,  Visual, 
Intelektual (SAVI). 
Subyek  penelitian  yang  digunakan  adalah  siswa  kelas  V  dengan  jumlah  26 
siswa  yang  terdiri  atas  15  laki-laki  dan  11  perempuan  di  SDN  Mojo  02  Padang, 
Lumajang.  Sumber  data  yaitu  guru  kelas  V  dan  siswa  kelas  V  SDN  Mojo  02, 
referensi,  dan  dokumentasi.  Jenis  penelitian  adalah  PTK  dan  metode  pengumpulan 
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain 
penelitian  terdiri  atas  perencanaan,  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Analisis  data 
yang  digunakan  adalah  analisis  deskriptif.  Data  hasil  observasi  pada  siklus  I 
menunjukkan bahwa aktivitas belajar  siswa secara individu  yaitu 57,69% sedangkan 
secara  klasikal  yaitu  63,7%.  Pada  siklus  II  aktivitas  belajar  siswa  mengalami 
peningkatan  yaitu secara individu sebesar 76,92%  sedangkan secara  klasikal sebesar 
72,59%. Pada siklus  I hasil belajar siswa secara individu sebesar 57,69%  sedangkan 
secara  klasikal  sebesar  63,08%  dan  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan  yaitu 
secara individu sebesar 73,08% sedangkan secara klasikal sebesar 70,77%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah  model pembelajaran  kooperatif  dengan 
pendekatan  SAVI  pada  mata  pelajaran  IPA  dengan  materi  alat  pernapasan  manusia 
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojo 02, Padang, 
Lumajang.  Saran  bagi  guru  yaitu  sebaiknya  guru  dapat  mengembangkan  suatu 
pembelajaran  yang  inovatif  dan  sekolah  hendaknya  dapat  memberikan  dukungan. 
Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih 
lanjut.
