• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Lisa Nesmaya_1.pdf (84.07Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Lisa Nesmaya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di MA Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai thitung 3.406 dibandingkan dengan nilai ttabel 1,99, thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep. Demikian halnya dengan aktivitas belajar siswa diperoleh prosentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar 79.64% di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol sebesar 47.62% sehingga kelas kontrol lebih aktif. Adapun sebagai data pendukung, yaitu prosentase penilaian kognitif proses di kelas eksperimen adalah 82.10%, prosentase penilaian afektif di kelas eksperimen adalah 84,26% sedangkan di kelas kontrol adalah 62.08%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika, (2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep lebih aktif daripada yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13698
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository