PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR IPA (PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT KELAS III SEMESTER I SDN KERTONEGORO 02 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
Abstract
Kegiatan pembelajaran di  SDN Kertonegoro 02  kurang meningkatkan 
kreativitas siswa, terutama dalam pembelajaran  IPA  sehingga aktivitas dan hasil 
belajar siswa rendah.  Hal tersebut disebabkan karena guru kelas III  dalam kegiatan 
pembelajaran masih berpusat pada guru, sebagian besar aktivitas pembelajaran 
dilakukan oleh guru, dan metode pembelajarannya hanya dengan ceramah yang 
diselingi dengan  tanya jawab tentang materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini 
berdampak pada hasil belajar IPA siswa yang masih terbilang kurang maksimal. Oleh 
karena itu,  guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu 
dengan menggunakan  metode  pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan 
materi maupun karakteristik siswa. 
Metode  outdoor  digunakan dalam penelitian ini untuk  membangun suasana 
belajar yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, sehingga dapat 
membuat siswa lebih berminat  untuk mempelajari pelajaran IPA, siswa mengetahui 
bahwa IPA bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari  dan  dapat diterapkan dalam 
memecahkan masalah kehidupan sehari-hari  sehingga  dapat  meningkatkan  aktivitas 
dan  hasil belajar siswa.  Tujuan dari penelitian ini  adalah: (1)  Untuk meningkatkan 
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode outdoor pada Pokok 
Bahasan Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Kelas III Semester I SDN 
Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk 
meningkatkan  hasil belajar  Kelas III Semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah 
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui metode outdoor.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas  III semester I SDN Kertonegoro 02 
Jenggawah Kabupaten Jember  yang terdiri dari 30  siswa. Siswa dibagi menjadi 5 
kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang 
dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, 
wawancara, tes, dan dokumentasi.  Pengambilan data dilakukan mulai  tanggal  4 
Desember  2010 sampai dengan  15  Desember 2010  dengan subjek penelitian siswa 
kelas  III semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember.  Data yang 
dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar 
siswa sebesar 49,17% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 
68,61% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 
66,33%  dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus II, hasil belajar 
siswa secara klasikal mencapai 75,83%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 
93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 
SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember.  
Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III semester I SDN 
Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember  dengan penerapan  metode  outdoor 
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan Aktivitas dari siklus I 
ke siklus II sebesar  19,44% sedangkan peningkatan hasil belajanya  sebesar 9,50% 
dengan tingkat ketuntasan sebesar  33,33%.
