PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DISERTAI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi,
wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan rumus N-gain untuk menjawab
rumusan masalah yang pertama sampai keempat, untuk rumusan masalah yang
kelima menggunakan uji t two tail dua pihak.
Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan representasi gambar,
grafik, matematik, dan verbal siswa berturut-turut adalah 0,73; 0,60; 0,69; dan
0,61. Berdasarkan hasil analasis dengan perhitungan menggunakan uji t dapat
dilihat bahwa pada tiap pertemuan dengan db = 33 pada taraf signifikansi 0,05
(5%) diperoleh nilai ttest = 20,086 ; 28,367; dan 26,657. Hal ini berarti, nilai ttest >
ttabel, di mana nilai ttabel untuk db = 33 dan taraf signifikansi 0,05 (5%) adalah
2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif
tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi untuk meningkatkan
kemampuan multirepresentasi siswa.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) Peningkatan representasi verbal siswa menggunakan model
kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong tinggi
dengan tingkat Ngain sebesar 0,73. (2) Peningkatan representasi matematik siswa
menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media
animasi tergolong sedang dengan tingkat Ngain sebesar 0,60. (3) Peningkatan
representasi gambar siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group
Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat Ngain
sebesar 0,69. (4) Peningkatan representasi grafik siswa menggunakan model
kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang
dengan tingkat Ngain sebesar 0,61. (5) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group
Investigation) disertai media animasi, yakni hasil belajar siswa setelah
menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media
animasi lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran.