dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember. Teknik dan instrument pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik
analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yaitu
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada verifikasi masalah, siklus I dan siklus II.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa hasil belajar dari verifikasi
masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan
aktivitas belajar fisika dari 66,4% menjadi 79,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan
aktivitas belajar fisika menjadi 81,5% vdari siklus I. Ketuntasan hasil belajar dari
verifikasi masalah dan setelah siklus mengalami peningkatan dari 37,5% menjadi
65,62% dan belum mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh
SMPN 4 Jember. Kriteria ketuntasan hasil belajar tercapai pada siklus II dengan
persentase mencapai 84,75%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi concept mapping disertai metode pemberian tugas atau resitasi
dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar
fisika siswa di kelas VIIG SMPN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013 | en_US |