PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII B di SMPN 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1)
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7
Jember selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum, 2)
mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B
SMPN 7 Jember setelah mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember yang dimulai tanggal 4
September 2012 sampai dengan 25 September 2012. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa
selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus
II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan
hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa
diperoleh dari hasil post test.
Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I
ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi
memperhatikan penjelasan, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan,
menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan melakukan percobaan,
melakukan pengamatan data percobaan, menuliskan hasil percobaaan..
Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil
belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 74,35%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan
hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 89,74%.
Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
think pair share dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar
dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMPN 7 Jember.