• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN (KELAS IV SDN WRINGINAGUNG 05 JOMBANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SITI MAYMUNA_080210204230_001.pdf (88.51Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Siti Maymuna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di lapangan bahwa Kondisi pengajaran IPA di kelas IV SDN Wringinagung 05 Jombang Kabupaten Jember sampai saat ini masih menunjukkan adanya peluang diadakannya suatu perbaikan pembelajaran IPA khususnya pada materi daur hidup hewan. Perbaikan tersebut diperlukan karena pengajaran guru didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab serta kurang memanfaatkan media sehingga membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan dalam memahami dan mengembangkan konsep IPA yang telah dipelajarinya. Hal semacam ini yang menyebabkan belajar siswa menjadi kurang bermakna sehingga memunculkan anggapan bahwa mata pelajaran IPA menjadi kurang menarik. Selain itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus memperoleh pengalaman secara langsung. Jadi, menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples menjadikan siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar, siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples di kelas IV SDN Wringinagung 05 Jombang Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Wringinagung 05 Jombang Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen (yang berbeda kemampuan akademik). Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 4 Desember 2010 sampai dengan 15 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Wringinagung 05 Jombang Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu dan tugas kelompok masing-masing siklus. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 45,39% dalam kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II sebesar 71,43% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 65,17% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63,33%. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75,33% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Wringinagung 05 Jombang Jember adalah ≥ 65. Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester I SDN Wringinagung 05 Jombang Jember dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples mengalami peningkatan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Peningkatan aktivitas dari siklus I sebesar 45,39% dan siklus sebesar 71,43% sehingga meningkat sebesar 6,26%. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 65,17% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63,33% dan siklus II sebesar 75,33% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,16% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 26,67%. Oleh karena itu penelitian di SDN Wringinagung 05 Jombang Jember tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13667
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository