Show simple item record

dc.contributor.authorFrety Lutviana Saputri
dc.date.accessioned2013-12-30T01:02:22Z
dc.date.available2013-12-30T01:02:22Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210192044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13644
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan teknik trianggulasi data. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain one-group pre test-post test. Dalam penelitian ini terdapat tiga kelas ekperimen yang menerima pembelajaran yang sama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t two tail dua pihak untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai thitung pada masing-masing kelas eskperimen yaitu, kelas VII A thitung sebesar 25.397 dengan db=40, kelas VIIB thitung sebesar 28.67, dan kelas VII C thitung sebesar 14.627 dengan db=41 pada taraf signifikansi 5 % nilai thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil analisis rata-rata keterampilan proses siswa untuk setiap indikator keterampilan proses sains sebesar 89,27%, 99%, 85,90%, 84,47%, 74,07% dan 95,80%. Keterampilan proses sains yang tertinggi adalah mencatat hasil pengamatan sedangkan yang terendah adalah menyimpulkan. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa diperoleh hasil rata-rata kelas VIIA, VII B, dan VII C sebesar 89,53%, 89,38%, dan 85,32% dan termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan haasil analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2012/2013; (2) keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanggul selama pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses untuk setiap indikator dapat digolongkan dalam kriteria baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192044;
dc.subjectBerorientasi Keterampilan Proses, Fisikaen_US
dc.titlePEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record