dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan teknik trianggulasi
data. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanggul. Responden
penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel
penelitian menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan
desain one-group pre test-post test. Dalam penelitian ini terdapat tiga kelas
ekperimen yang menerima pembelajaran yang sama. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan uji t two tail dua pihak untuk menjawab rumusan
masalah yang pertama, dan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua
menggunakan persentase keterampilan proses sains siswa.
Hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai thitung pada masing-masing
kelas eskperimen yaitu, kelas VII A thitung sebesar 25.397 dengan db=40, kelas
VIIB thitung sebesar 28.67, dan kelas VII C thitung sebesar 14.627 dengan db=41
pada taraf signifikansi 5 % nilai thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak,
berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil analisis rata-rata keterampilan
proses siswa untuk setiap indikator keterampilan proses sains sebesar 89,27%,
99%, 85,90%, 84,47%, 74,07% dan 95,80%. Keterampilan proses sains yang
tertinggi adalah mencatat hasil pengamatan sedangkan yang terendah adalah
menyimpulkan. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa diperoleh hasil
rata-rata kelas VIIA, VII B, dan VII C sebesar 89,53%, 89,38%, dan 85,32% dan
termasuk dalam kriteria baik.
Berdasarkan haasil analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) Ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis masalah berorientasi
keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran
fisika di SMP Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2012/2013; (2) keterampilan proses
sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanggul selama pembelajaran dengan
menggunakan pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses
untuk setiap indikator dapat digolongkan dalam kriteria baik. | en_US |