dc.contributor.author | Fitriya S. | |
dc.date.accessioned | 2013-12-30T00:59:37Z | |
dc.date.available | 2013-12-30T00:59:37Z | |
dc.date.issued | 2013-12-30 | |
dc.identifier.nim | NIM080210192036 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13643 | |
dc.description.abstract | Data hasil validasi logic yang diperoleh yaitu penilaian petunjuk praktikum fisika
berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat dikategorikan baik dan layak
digunakan. Berdasarkan data hasil uji pengembangan untuk kinerja praktikum siswa,
praktikum massa jenis memiliki presentase paling tinggi dan praktikum perubahan wujud
zat memiliki presentase paling rendah, baik itu dari aspek kemampuan mengamati dan
mencatat hasil praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan
merumuskan kesimpulan. Praktikum Perubahan wujud zat memiliki presentase paling
rendah dikarenakan pada saat praktikum siswa kurang teliti dalam mengamati perubahan
wujud yang terjadi pada paraffin sehingga jika siswa kurang teliti dalam mengamati
perubahan wujud pada waktu yang telah ditentukan maka siswa akan melewati salah satu
perubahan wujud dari paraffin tersebut dan siswa harus mengulangnya dari awal kembali.
Secara keseluruhan kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk
praktikum fisika berbasis laboratorium virtual dinyatakan baik. Berdasarkan hasil
wawancara dengan beberapa siswa diperoleh informasi bahwa mereka sangat senang
melakukan praktikum dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis
laboratorium virtual, dan dengan buku itu siswa bisa melakukan praktikum dengan lancar
saat disekolah maupun dirumah. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data aspek
kepuasan memiliki nilai paling besar diantara keempat aspek tersebut dikarenakan
mereka berusaha sendiri dalam melaksanakan praktikum. Motivasi belajar siswa secara
classical sebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat termotivasi selama praktikum.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kualitas petunjuk praktikum fisika
berbasis laboratorium virtual berkategori baik dan layak digunakan pada uji
pengembangan di kelas, (2) Kinerja praktikum siswa berdasarkan hasil observasi pada
seluruh praktikum baik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil praktikum
maupun pada aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan
tergolong berkategori baik, dan (3) Motivasi belajar secara klasikal sebesar 92.45%
sehingga siswa kelas VII G dikatakan sangat termotivasi selama praktikum menggunakan
buku petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210192036; | |
dc.subject | Praktikum Fisika, Laboratorium Virtual | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP/MTs | en_US |
dc.type | Other | en_US |