PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8
Abstract
Aktivitas belajar siswa kelas VIIIB SMP Darul Hikmah dalam pembelajaran
IPS terpadu
sangat rendah, trebukti dengan hasil observasi awal yang dilakukan
peneliti hanya mencapai prosentase 52%. Rendahnya aktivitas belajar siswa tersebut
dikarenakan banyaknya
siswa yang beraktivitas diluar konteks pembelajaran.
Aktivitas tersebut
antara lain siswa masih suka bermain dengan benda-benda sekitar
bahkan dengan teman sebangku.
Kegiatan siswa tersebut sangat berpengaruh pada
kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pem
belajaran tidak tercapai. Selama ini guru
juga telah melakukan variasi pembelajaran tetapi hasilnya belum maksimal. Guru
juga mengatakan pada pembelajaran tertentu beberapa semester terahir aktivitas
belajar siswa selalu rendah salah satunya adalah pada kompetensi dasar
mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan
peneliti yang bertujuan
untuk meningkatkan aktivitas belajar siwa menggunakan
media
software macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran IPS terpadu
kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan
masyarakat semester ganjil kelas VIIIB SMP Darul Hikmah tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB SMP Darul Hikmah semester ganjil
pada tanggal 12 November 2012 sampai dengan 21 November 2012. Penelitian ini
dilakukan dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan da
ta yang digunakan
adalah
observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan
tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa kelas VIIIB
sebelum tindakan yaitu 52% dengan kategori tidak aktif. Setelah dilaksanakan
tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor aktivitas belajar siswa meningkat
menjadi 69,55
% yaitu pada kategori cukup aktif. Sekalipun terjadi peningkatan yang
cukup sig
nifikan namun hasil ini belum memenuhi target peneliti, yaitu skor
de
nganan kategori aktif. Untuk memenuhi target tersebut dilaksanakan siklus lanjutan
yaitu siklus II sebagai upaya perbaikan dari siklus I. Pada siklus II peningkatan
aktivitas belajar sisw
a sangat tinggi yaitu memperoleh skor 84,5% yang berada pada
kriteria sangat aktif dan memenuhin target pe
neliti. Berpedoman pada hipotesis dan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaaan media software macromedia
flash professiona
l 8 dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS terpadu khususnya
kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan
masyarakat karena media pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar
siswa.