Show simple item record

dc.contributor.authorRUSDIANA SUSILOWATI
dc.date.accessioned2013-12-28T17:43:39Z
dc.date.available2013-12-28T17:43:39Z
dc.date.issued2013-12-28
dc.identifier.nimNIM070210301110
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13602
dc.description.abstractMinat belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri Ambulu masih cukup rendah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi dari rendah menjadi tinggi.Metode Tutor Sebaya merupakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh siswa untuk membimbing siswa yang lain. Tutor adalah siswa yang ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu teman yang mengalami kesulitan belajar kerena hubungan antara guru dan siswa. Metode tutor sebaya diterapkan oleh guru supaya dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggairahkan dan mendorong siswa untuk memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian metode tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu variasi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Ambulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu. pada siklus I, minat belajar siswa kelas XI IPS 3 sebesar 2,93 termasuk pada kategori Rendah.. Pada siklus II, minat belajar siswa meningkat menjadi 3,29 dan mencapai kategori Tinggi,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301110;
dc.subjectMetode Tutor Sebayaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record