PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang
kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN Plus Sukowono semester gasal Tahun
Pelajaran 2012/2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel
persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; (3) terdapat pengaruh yang
signifikan variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; (4) Nilai kontribusi
variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sebesar 34,06% dan
variabel motivasi belajar siswa sebesar 41,07%.