• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    R. RR Ferlisa Ari Juwitasari - 080210301016_1.pdf (305.4Kb)
    Date
    2013-12-28
    Author
    R RR FERLISA ARI JUWITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak terlepas dari peran sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga pemanfaataanya harus dilaksanakan secara optimal. Selama ini, siswa masih menerapkan pembelajarn langsung atau pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga pemanfaatan sumber belajar lainnya belum optimal. Padahal di sekolah tersebut sudah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap untuk dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Selain itu bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan sumber belajar tercetak memberikan pengaruh yang paling besar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013.Sumber belajar yang diteliti adalah sumber belajar tercetak berupa buku pelajaran, modul pembelajaran dan sumber belajar berupa fasilitas meliputi perpustakaan sekolah, laboratorium komputer Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember. Jnis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu menentukan lokasi penelitian yang ditentukan secara sengaja. Penentuan responden penelitian menggunakan metode populative. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t yang dibantu dengan menggunakan program SPSS.Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan sumber belajar mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan R sebesar 0,752 berarti bahwa pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh sebesar 75,2%, selebihnya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji F, diperoleh hasil F square hit sebesar 166,709 dan F sebesar 3,08 dimana F hit ≥ F tabel tabel dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga pemanfaatan sumber belajar tercetak dan pemanfaatan sumber belajar berupa fasilitas secara simultan (bersamasama) mempunyai pengaruh nyata terhadap hasil belajar. Secara parsial (individu) pemanfaatan sumber belajar tercetak memiliki proporsi sumbangan terbesar yaitu sebesar 39,67 %.Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pemanfaatan sumber belajar tercetak berpengaruh dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13599
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository