• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN BENTUK FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Priya Darmawan - 060210391026_1.pdf (487.7Kb)
    Date
    2013-12-28
    Author
    Priya Darmawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di SMA Nuris Jember masih konvensional, dengan menggunakan media papan tulis dan OHP. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Siswa harus berpartisipasi secara langsung dalam proses pembelajaran agar memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu guru harus selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya materi pelaku ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.CD pembelajaran dalam bentuk film dapat memperkaya wawasan dan melatih pola pikir siswa dengan berbagai tampilan yang diberikan untuk menjelaskan materi pembelajaran ketenagakerjaan. Hal tersebut akan menimbulkan keinginan dan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan CD pembelajaran bentuk film untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ini dipandang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran ekonomi SK (Standar Kompetensi) memahami kondisi ketenagakerjaan KD (Kompetensi Dasar) dalam materi pembelajaran mengklasifikasi ketenagakerjaan. Pada pembelajaran ini diharapkan siswa yang sebelumya hanya menulis dan mendengar lebih banyak barperan aktif seperti membaca, mengeksplorasi, menginterpretasi dan menganalisis gambar, bertanya, mengeluarkan pendapat dan diskusi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan,dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan. Penggunaan CD pembelajaran dalam bentuk film diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena media ini sangat inovatif yang selalu mengikuti perkembangan yang ada. Media CD pembelajaran berbentuk film bukan hanya berisi gambar yang bergerak seperti animasi saja namun sudah berupa bentuk film yang nyata tentang materi ketenagakerjaan. Dengan menggunakan CD pembelajaran berbentuk film seperti di atas diharapkan akan tercipta kegiatan atau suasana yang tidak membosankan karena siswa dapat memahami pelajaran secara mandiri setelah melihat film tentang SK (Standar Kompetensi) memahami kondisi ketenagakerjaan KD (Kompetensi Dasar) mengklasifikasi ketenagakerjaan dalam materi pembelajaran ketenagakerjaan.Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nuris Jember di kelas XI.A pada pelajaran ekonomi pokok materi ketenagakerjaan. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media CD bentuk film, motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Skor motivasi belajar siswa sebelum penerapan media CD bentuk film sebesar 2,2, sedangkan skor motivasi belajar pada siklus I sebesar 2,87, dan pada siklus II 3,53. Motivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Selain itu hasil belajar siswa kelas XI.A mengalami peningkatan setelah penggunaan mediaCD bentuk film. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70%, dan pada siklus II sebesar 87,5%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas XI.A dapat dikatakan tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan penggunaan media CD bentuk film dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru ekonomi di SMA Nuris Jember terus dapat menggunakan media pembelajaran tersebut untuk menunjang proses belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13597
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository