• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN CONCEPT MAPPING ASSESSMENT (CMA) PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN KALOR DI MAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dedy Nur Raharjo_1.pdf (153.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dedy Nur Raharjo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan mengambil salah satu kelas secara acak (cluster random sampling) dan sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa dalam satu kelas tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh suatu produk perangkat evaluasi pembelajaran fisika dengan menggunakan concept mapping pada pokok bahasan kalor di MAN 1 Jember. Desain pengembangan Concept Mapping Assessment (CMA) pada penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dan telah dimodifikasi menjadi 3-D yang meliputi tahap pendefinisian, tahap perencanaan, dan tahap pengembangan. Tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar tes ulangan harian. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic dan tes ulangan harian. Data yang didapatkan adalah validasi logic dan nilai hasil ulangan harian siswa. Hasil validasi logic untuk perangkat evaluasi adalah sebesar 4,28 dan untuk soal Concept Mapping Assessment (CMA) adalah sebesar 4,17. Secara keseluruhan dikatakan valid karena mencapai kategori > 4. Reliabilitas Concept Mapping Assessment (CMA) Model S adalah sebesar 0,94 dan Model C sebesar 0,82 sehingga dikatakan memiliki reliabilitas sangat tinggi karena berada pada rentangan 0,80 – 1,00. Pemahaman siswa setelah menggunakan Concept Mapping Assessment (CMA) pada pembelajaran fisika pokok bahasan kalor secara klasikal sebesar 73,36% sehingga tergolong cukup paham. Pada kreativitas siswa setelah menggunakan Concept Mapping Assessment (CMA) pada pembelajaran fisika pokok bahasan kalor secara klasikal sebesar 70,5% sehingga tergolong cukup kreatif. Kesimpulan yang diperoleh adalah Concept Mapping Assessment (CMA) berkategori valid dan memiliki reliabilitas sangat tinggi. Pemahaman siswa setelah menggunakan Concept Mapping Assessment (CMA) tergolong cukup paham. Kreativitas siswa setelah menggunakan Concept Mapping Assessment (CMA) tergolong cukup kreatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13546
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository