Show simple item record

dc.contributor.authorAULYA NANDA PRAFITASARI
dc.date.accessioned2013-12-27T07:50:13Z
dc.date.available2013-12-27T07:50:13Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210102086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13540
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,04 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Pre-test kelas eksperimen sebelum pembelajaran adalah 42,5 dan kelas kontrol sebesar 44,29. Terdapat perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kelas kontrol sebesar 71,25. Pada kelas eksperimen, model pembelajaran CIRC berbasis DDCT lebih banyak mengajak siswa berfikir dan berinteraksi secara mendalam, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Indikator aktivitas disesuaikan dengan LKS pada setiap pertemuan. Hasil analisis rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen dari tiga pertemuan adalah 85,51% sehingga dapat dikategorikan aktivitas belajar siswa sangat aktif . Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Deep Dialogue Critical Thinking dengan model Direct Interaction (konvensional) pada pembelajaran fisika di kelas VIII SMPN 1 Bondowoso semester genap tahun ajaran 2012/2013. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Deep Dialogue Critical Thinking di kelas VIII SMPN 1 Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2012/2013 adalah sebesar 85.51%, sehingga termasuk dalam kategori sangat aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102086;
dc.subjectCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), DDCT, Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING (DDCT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record