dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar fisika siswa kelas setelah diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di
kelas X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo; dan (2) Mendeskripsikan aktivitas
belajar fisika siswa selama diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di kelas
X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh
Situbondo pada tahun ajaran 2012/2013 pada materi pemuaian dan perubahan
wujud zat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas
mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung, peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni
hasil posttest pada pra-siklus, siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV serta hasil
wawancara kepada guru bidang studi kelas X.C dan siswa. Teknik analisis data
menggunakan rumus Normalized Gain (Ng) untuk menentukan besarnya
peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dan menggunakan
Persentase Aktivitas (Pa) untuk menentukan besarnya persentase aktivitas siswa
selama pemebelajaran LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi
peningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh
Situbondo dengan kategori sedang setelah diterapankannya pembelajaran
menggunakan media LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika. Peningkatan hasil
belajar terjadi dari setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,29
dengan kategori rendah. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan
hasi l belajar yaitu sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Setelah dilakukan siklus
III terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,37. Setelah dilakukan siklus IV
terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,43. Aktivitas belajar siswa juga
mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini
meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mencatat, mengeluarkan
pendapat, bertanya/ menjawab pertanyaan.
Berdasarkan hasil di atas menunjukkan media LKS Berbasis Foto
Kejadian dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memicu
keterlibatan siswa pada aspek tingkat pencapaian konsep, aspek penalaran dalam
belajar fisika dan meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. | en_US |