Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia Hikmah
dc.date.accessioned2013-12-27T07:33:44Z
dc.date.available2013-12-27T07:33:44Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210192008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13516
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa SMP; (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan model Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran fisika di SMP; dan (3) mengkaji hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa menggunakan model CLIS (Children Learning In Science). Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan desain Randomized pre-test-post-test control group. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore. Responden penelitian adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama, digunakan uji t, dengan hasil Hasil yang diperoleh adalah thitung = 8,143 dan ttabel = 2,000, jadi ttest > ttabel (8,143 > 2.000) dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu harga pada taraf signifikansi 5 % nilai thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak, (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran IPA-fisika di SMP. Untuk menjawab rumusan masalah kedua digunakan persentase keterampilan proses sains siswa, dengan hasil analisis rata-rata keterampilan proses siswa untuk setiap indikator keterampilan proses sains sebesar 83,9%, 98,4%, 88,7%, 71,0%, dan 94,6%. Keterampilan proses sains yang tertinggi adalah melaksanakan eksperimen sedangkan yang terendah adalah mengkomunikasikan. Berdasarkan rata-rata kriteria keterampilan proses sains termasuk dalam kriteria baik, dan untuk menjawab rumusan masalah ketiga digunakan uji korelasi rxy, dengan hasil analisis yang diperoleh dari perhitungan, harga rxy yang diperoleh adalah 1,245. kemudian harga rxy dikonsultasikan dengan harga rtabel. Pada taraf signifikansi 5% nilai N = 31 mempunyai nilai rtabel = 0,355, Karena rxy > rtabel (1,245 > 0,355) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar fisika dengan mengimplementasikan model Children Learning In Science (CLIS). Berdasarkan hasil dari perhitungan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIC dalam pembelajaran IPAfisika di SMP Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2012/2013 sebesar 8,143; (2) Keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri Glenmore selama pembelajaran dengan model Children Learning In Science (CLIS) untuk setiap indikator dapat digolongkan dalam kriteria baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar IPA-fisika menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) sebesar 1,245.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192008;
dc.subjectChildren Learning In Science (CLIS), IPA-Fisikaen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA SMP NEGERI 1 GLENMORE (Studi Pada Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains)en_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record