METODE PRAKTIKUM DI DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan
one group pre test post test design. Penelitian ini dikaji di SMA Negeri 1
Rambipuji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA
Negeri 1 Rambipuji. Responden dalam penelitian ini adalah kelas X-1 di SMA
Negeri 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah (1) Uji paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk
menjawab rumusan masalah pertama; (2) analisis hasil post test dan tes tunda
untuk menjawab permasalahan yang kedua.
Hasil analisis data pada uji pengaruh, menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) <
0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Jadi diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar
Fisika sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode
pembelajaran praktikum. Adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar
fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode praktikum. Uji
retensi hasil belajar fisika setelah perlakuan pembelajaran dengan metode
eksperimen pada sampel diperoleh persentase 71,55%, angka ini masuk dalam
kategori tinggi. Hasil perhitungan retensi hasil belajar fisika siswa menunjukkan
bahwa persentase retensi hasil belajar fisika siswa di kelas eksperimen yaitu
sebesar 71,55%. Retensi ini termasuk kategori tinggi.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang
signifikan setelah pembelajaran dengan metode praktikum terhadap hasil belajar
fisika siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar
Fisika siswa di kelas X SMAN 1 Rambipuji setelah pembelajaran dengan metode
praktikum tergolong tinggi.