• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    METODE PRAKTIKUM DI DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Agung Setiawan_1.pdf (260.1Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Agung Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan one group pre test post test design. Penelitian ini dikaji di SMA Negeri 1 Rambipuji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rambipuji. Responden dalam penelitian ini adalah kelas X-1 di SMA Negeri 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah pertama; (2) analisis hasil post test dan tes tunda untuk menjawab permasalahan yang kedua. Hasil analisis data pada uji pengaruh, menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Fisika sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran praktikum. Adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode praktikum. Uji retensi hasil belajar fisika setelah perlakuan pembelajaran dengan metode eksperimen pada sampel diperoleh persentase 71,55%, angka ini masuk dalam kategori tinggi. Hasil perhitungan retensi hasil belajar fisika siswa menunjukkan bahwa persentase retensi hasil belajar fisika siswa di kelas eksperimen yaitu sebesar 71,55%. Retensi ini termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMAN 1 Rambipuji setelah pembelajaran dengan metode praktikum tergolong tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13512
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository