dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian
di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X5 semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan pada
bulan April-Juni 2012. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data-data yang diambil
dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Pengukuran motivasi dengan angket ARCS yang diberikan pada sikllus I dan siklus
II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa
kelas X5 dengan menggunakan model pembelajaran quantum tlearning dengan media
flashcard. hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek attention sebesar
1,19; relevance 0,33; confidence 0,64 dan satisfaction 0,95.
Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan
model pembelajaran quantum teaching dan media flashcard. Pada aspek kognitif
peningkatan sebesar 2,8%, aspek afektif sebesar 1,7% dan pada aspek psikomotor
sebesar 0,92%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi dalam penerapan
model pembelajaran quantum teaching dengan media flashcard. | en_US |