Show simple item record

dc.contributor.authorNiken Rina Dwi Susanti
dc.date.accessioned2013-12-27T07:24:01Z
dc.date.available2013-12-27T07:24:01Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210191051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13500
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas IX SMP Negeri 1 Pakusari, diketahui bahwa masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yakni kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan teknik. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMP tersebut adalah metode ekspositori. Model pembelajaran reciprocal merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk memberikan wawasan bagi siswa dalam memahami apa yang dibaca dengan didasarkan prinsip-pripsip pengajuan pertanyaan. Dalam pembelajaran reciprocal, siswa diminta melakukan empat langkah strategi pemahaman, yaitu membuat rangkuman, menyusun pertanyaan, mengklarifikasi pertanyaan dan memprediksi materi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian yaitu kemampuan siswa atau hasil belajar dalam pelajaran matematika masih mengalami kesenjangan yang sangat tinggi dan sebagian besar siswa kelas IXF banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses penelitian diawali dengan dilaksanakan pembelajaran reciprocal yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi mean, median, modus dan jangkauan dan siklus 2 pada materi diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan fase menyampaikan tujuan dan viii memotivasi siswa, mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, langkah-langkah dalam pembelajaran reciprocal, dan memberikan penghargaan. Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu pada pembentukan kelompok, siswa kurang menerima pembagian kelompok yang telah ditetapkan oleh guru. Siswa mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan keberadaan LKS yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dan diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran ratarata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 78,84%, dan siklus 2 mencapai 87,11%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan statistika, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema dan kesalahan teknik. Pada siklus 1dan 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 51,32 % dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe reciprocal efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191051;
dc.subjectReciprocalen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP N 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013; Niken Rina Dwi Susanti, 080210191051en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record