PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa
kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya
kelemahan tersebut terletak pada pengungkapan pendapat, adanya bukti-bukti
dalam mendukung pendapatnya, serta siswa kurang mampu mengembangkan
karangannya. Hasilnya, penilaian terhadap tugas menulis karangan argumentasi
yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa
memperoleh nilai di bawah 70 dan 40% siswa memperoleh di atas 70. Penilaian
tugas tersebut didasarkan pada indikator yang terdapat di RPP meliputi adanya
pendapat siswa, bukti-bukti pendukung gagasan, serta siswa mampu
mengembangkan kerangka karangannya. Selain dari nilai yang diperoleh,
ketidakmampuan siswa dalam menulis argumentasi dapat dilihat dari proses
pembelajaran yang kurang efektif. Pertama, guru hanya menggunakan metode
ceramah. Kedua, siswa cenderung diam dan tidak aktif. Ketiga, media yang
digunakan dalam pembelajaran terbatas pada buku paket. Untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi maka diterapkan
pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dibahas dalam
penelitian ini meliputi bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kooperatif
model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan
kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-
Muttaqin Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan
argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan
pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ini dicapai adalah
mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair
Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis
karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember dan
mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada
siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran
kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan
wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai
dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin
Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.
Hasil dalam penelitian ini, kemampuan menulis argumentasi dengan
penerapan Think Pair Share menggunakan media surat kabar mengalami
peningkatan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 16%, pada siklus I
meningkat 53% dan pada siklus II juga meningkat 89% sehingga secara klasikal
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMK Al-Muttaqin Jember. Hal
ini ditunjang keaktifan guru yang meningkat dari 80% menjadi 93%. Proses Think
Pair Share juga meningkat dari 78% menjadi 95% dan keaktifan siswa juga
meningkat dari 89% menjadi 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa
mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan menulis
karangan argumentasi.
Saran yang diberikan yaitu bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dijadikan
sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan
menggunakan Think Pair Share sesuai dengan materi yang diteliti, bagi guru
hendaknya senantiasa mengawasi kelas untuk memotivasi keaktifan siswa dan
memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok, bagi siswa hendaknya
saling membantu sesama teman jika temannya ada yang kesusahan.