PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN TEKA TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari 2013 sampai 26 Januari
2013 dengan subyek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Jember. Data yang
dikumpulkan berupa penilaian motivasi siswa, aktivitas guru dan hasil tes individu
pada saat penerapan pembelajaran Teams Games Tournament dengan permainan
Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis peningkatan dari pra siklus I ke pasca
siklus II. Pada aspek attitude mengalami peningkatan sebesar 2,11 (7,07%), aspek
relevance meningkat sebesar 3,29 (10,96%), aspek confidence meningkat sebesar
4,95 (16,47%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,69 (8,293%).
Peningkatan hasil beajar siswa dapat dilihat dari nilai kognitif dan afektif.
Nilai kognitif diambil dari nilai pos tes di setiap akhir siklus. Analisis ketuntasan
hasil belajar pada pra siklus sebesar 39,4% atau 15 siswa yang mendapat nilai 75
sedangkan siklus I (Pos tes I) mencapai 76,3%, pada siklus II mencapai 92,1%. Hal
itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,8%.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas VII D mencapai
ketuntasan belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams
Games Tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa khususnya pelajaran Biologi.