• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN ACADEMIC SKILL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, AND SATISFACTION) (Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Ma’arif Rejoagung Srono Banyuwangi Sub Konsep Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Aini Mufaidah_1.pdf (1.233Mb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Nur Aini Mufaidah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, satu siklus terdiri dari dua tatap muka/dua pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan academic skill dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari data lembar observasi membuktikan bahwa pembelajaran yang diterapkan dikelas VII A rata-rata academic skill siswa yaitu dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 20,2%. Dari Peningkatan ini menandakan bahwa kondisi kelas pada saat siklus berlangsung, siswa benar-benar membuat aktif dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, dari analisis ketuntasan belajar, ada siswa dari jumlah siswa kelas VII keseluruhan belum mencapai ketuntasan belajar dengan standard ketuntasan minimal (SKM) 70, sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 52,2% yang berarti belum mencapai ketuntasan belajar klasikal ≤ 70. Pada siklus II ada 4 siswa dari jumlah siswa kelas VII keseluruhan yang belum mencapai ketuntasan belajar , sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal seberas 17,4% . Siswa yang tidak tuntas pada siklus I kebanyakan mampu memperbaikainya sehingga pada siklus II dapat mencapai ketuntasan pada siklus I maupun siklus II, yaitu 77,3% sehingga dapat dikatakan memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 70. Dari hasil yang dilakukan terhadap guru dan siswa, dapat diketahui bahwa pembelajaran model ARIAS yang telah diterapkan de kelas VII, memperoleh respon positif dari guru dan siswa. Meskipun pada siklus I belum mencapai ketuntasan, namun pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase kenaikan . Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model ARIAS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan teknik evaluasi yang dapat diterapkan di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13475
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository