| dc.description.abstract | Fakta  yang  terjadi  di  SDN  Karangrejo  01  bahwa  guru  dalam  menyampaikan 
materi kepada siswa dengan berceramah dan memberi tugas, media pembelajarannya 
juga  belum  lengkap.  Guru  selalu  mendominasi  dalam  kegiatan  belajar  mengajar, 
sebagai  hasilnya  siswa  sekedar  memperoleh  informasi  dan  kemudian  menghafalnya, 
padahal  mengajar  bukan  lagi  menyampaikan  pengetahuan  melainkan  memberi 
kesempatan  seluas-luasnya  kepada  siswa  untuk  ikut  aktif  dalam  proses  memperoleh 
informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa sehingga diharapkan 
siswa  itu  memahami  dan  memaknai  dengan  baik  pengetahuan  di  dalam  pikirannya. 
Hal  inilah  yang  menyebabkan  rendahnya  hasil  belajar  IPS  siswa  khususnya  siswa 
kelas  IV  pada  pokok  bahasan  semangat  kepahlawanan  dan  cinta  tanah  air.  Oleh 
karena  itu  guru  harus  membantu  siswa  untuk  mengatasi  masalah  tersebut  yaitu 
dengan  menggunakan  media  pembelajaran  yang  bervariasi  dan  sesuai  dengan 
materi maupun karakteristik siswa. 
Media  Puzzle  merupakan  sebuah  media  yang  berupa  potongan-potongan 
gambar  yang  dapat  digunakan  untuk  menyalurkan  pesan  (bahan  pembelajaran), 
sehingga  dapat  merangsang  perhatian,  minat,  pikiran  dan  perasaan  siswa  dalam 
kegiatan  belajar  untuk  mencapai  tujuan  belajar.  Penggunaan  media  puzzle  dalam 
pembelajaran  IPS  merupakan  sarana  untuk  mewujudkan  tujuan  pembelajaran  yang 
memungkinkan  fungsi  dan  peran  IPS  terwujud,  juga  akan  menarik  dan  mendorong 
siswa  aktif  dalam  mempelajari  peristiwa-peristiwa  yang  terjadi.  Rumusan  masalah 
pada  penelitian  ini  adalah  :  (1)  bagaimana  problema  penerapan  media  puzzle  dapat 
meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  SDN  Karangrejo  01  Kecamatan 
Gumukmas  Kabupaten  Jember  dalam  pembelajaran  IPS  pada  pokok  bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air?, (2) bagaimana besar pemecahan 
masalah  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  SDN  Karangrejo  01 
Kecamatan  Gumukmas  Kabupaten  Jember  dalam  pembelajaran  IPS  pada  pokok 
bahasan  semangat  kepahlawanan  dan  cinta  tanah  air  untuk  media  puzzle?. 
Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) 
Untuk  mendeskripsikan  penerapan  media  puzzle  dapat  meningkatkan  hasil  belajar 
siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam 
pembelajaran  IPS  pada  pokok  bahasan  semangat  kepahlawanan  dan  cinta  tanah  air, 
(2)  Untuk  mengetahui  besarnya  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV 
SDN  Karangrejo  01  Kecamatan  Gumukmas  Kabupaten  Jember  dalam  pembelajaran 
IPS  pada  pokok  bahasan  semangat  kepahlawanan  dan  cinta  tanah  air  untuk  media 
puzzle. 
 Penelitian  ini  dilaksanakan  di  kelas  IV  media  puzzle  yang  terdiri  dari  29 
siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok  yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah 
penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Metode  pengumpulan 
data  melalui  observasi,  wawancara,  tes,  dan  dokumentasi.  Pengambilan  data 
dilakukan  mulai  tanggal  29  November  2010  sampai  dengan  08  Desember  2010 
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas 
Kabupaten  Jember.  Pada  siklus  I,  persentase  hasil  belajar  siswa  mencapai  65%  dan 
persentase  ketuntasan  klasikal  sebesar  62,07%.  Pada  siklus  II,  hasil  belajar  siswa 
secara klasikal mencapai 75,86%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,10% 
sehingga  secara  klasikal  memenuhi  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM)  SDN 
Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.  
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  siswa  mengalami  peningkatan  hasil 
belajar dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan 
cinta  tanah  air.  Peningkatan  persentase  hasil  belajar  sebesar  10,86%  dan 
ketuntasannya sebesar 31,03%. | en_US |