HUBUNGAN ANTARA STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN DISAIN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BIOLOGI DENGAN AKTIVITAS DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM SISWA (KELAS XI SMAN DI KABUPATEN BONDOWOSO)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengembangan
disain pembelajaran praktikum biologi kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso
berdasarkan rerata kualitas silabus sebesar 1,68 (84,1%) dengan kualitas sangat baik
dan RPP sebesar 4,0 (79,1%) dengan kualitas baik, telah sesuai dengan kurikulum,
tujuan pembelajaran, kebutuhan belajar siswa, kondisi sekolah (sarana dan prasarana
laboratorium), serta lingkup materi ajar. Strategi yang banyak digunakan yaitu
strategi pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan menggunakan metode
eksperimen dan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode
diskusi. Aktivitas siswa dalam kegiatan praktikum dalam ranah afektif dan ranah
psikomotorik masuk dalam kategori baik dengan skor terbanyak yaitu skor 3 dengan
persentase 47,69%, serta capaian hasil belajar yang berupa hasil kegiatan praktikum
mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 65% dan ulangan
harian mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 59,3%
juga masuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan (P < 0,05) antara strategi guru dalam
pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas siswa dan
terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara strategi guru dalam
pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan capaian hasil belajar
praktikum siswa kelas XI.