PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK KELAS XI SMA Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Pokok Pembahasan Sistem Gerak Kelas XI SMA
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa
buku siswa yang valid atau layak sebagai sumber belajar. Penilaian dilakukan oleh
enam validator dengan rincian tiga validator ahli dan tiga validator pengguna. Hasil
penilaian dari para validator baik validator pengguna maupun ahli bahan ajar
memberikan nilai rata-rata 86,83% yang artinya produk baru berupa buku siswa siap
dimanfaatkan.
Pengembangan bahan ajar biologi berupa buku siswa pada materi sistem
gerak untuk SMA kelas XI berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran
bahwa validitas bahan ajar biologi berupa buku siswa yang dikembangkan adalah
86,83% dengan kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil angket mengenai uji
keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 77,08% siswa
mengatakan mudah dan sisanya 22,92% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh
kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di
dalam buku siswa. Untuk hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh
rata-rata persentase 81,66% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar
yang dikembangkan sedangkan hanya 18,34% yang tidak merespon positif. Artinya
siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan.