• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BUCOR KULON 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ismail_001.pdf (114.7Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    ISMAIL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan siswa dalam menghitung keliling dan luas segitiga. Terlihat dalam mengerjakan soal menghitung keliling dan luas segitiga, siswa tidak mengerti apa yang harus diketahui dan ditanyakan (memahami masalah), tidak bisa merencanakan bagaimana cara menyelesaikan (menemukan rumus matematika), menyelesaikan rencana (mengerjakan jawaban), dan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Bucor Kulon 01 Kecamatan Pakuniran, dimulai tanggal 29 Oktober 2010 sampai tanggal 13 Nopember 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam Penerapan Matematika Realistik. Dari hasil analisis rata-rata aktifitas guru selama pembelajaran matematika realistik pada siklus I yaitu 69% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 16%. Dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu dari aktif menjadi sangat aktif. Sedangkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 53% dan siklus II secara klasikal sebesar 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Bucor Kulon 01 Kecamatan Pakuniran berjalan dengan baik, siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. (2) penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. (3) Pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 53% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 78% (tuntas).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13450
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository