PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL DAN APLIKASINYA DALAM MODEL SIKLUS PEMBELAJARAN 5E (LEARNING CYCLE 5E) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar
digital dan pengaruh bahan ajar digital dan aplikasinya dalam model siklus
pembelajaran 5E (learning cycle 5E) terhadap aktivitas dan motivasi belajar.
Aktivitas belajar siswa diukur dari observasi pada saat pembelajaran, dan hasil belajar
siswa diukur dengan menggunakan tes setelah kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil uji validasi terhadap bahan ajar digital dari tiga validator,
menunjukkan hasil sebesar 51,6 dengan kategori baik. Untuk hasil aktivitas belajar
siswa diperoleh hasil sebesar 71,18% pada pertemuan pertama dengan kategori baik
dan 79,51% pada pertemuan kedua dengan kategori baik, hal tersebut menunjukkan
terjadi peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Sedangkan rata-rata hasil belajar
siswa sebelum penerapan sebesar 68 dan setelah penerapan sebesar 78, hal tersebut
berarti menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa.
Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasinya
dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktivitas dan
Hasil Belajar (Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran
2012/2013) memberikan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi
siswa kelas VII SMP Negeri 10 Probolinggo.