• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN JENGGAWAH 04 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    FITRIA DIAN PRATIWI_080210204124_001.pdf (111.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Fitria Dian Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran yang nampak di kelas IV SDN Jenggawah 04 memang belum sesuai dengan harapan yang diinginkan dan pencapaian hasil belajar masih rendah. Masalah ini disebabkan karena (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode konvensional (ceramah) sehingga siswa merasa bosan, (2) siswa masih kurang berani dalam bertanya kepada guru, (3) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya dijawab oleh beberapa siswa saja, (4) pembelajaran hanya berpusat pada guru, (5) guru jarang sekali memberikan PR atau tugas kelompok kepada siswa, (6) tidak adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam penyampaian materi pelajaran sehingga siswa kurang tertarik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pelajaran IPA dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perubahan lingkungan dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 04 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/2011, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perubahan lingkungan dan pengaruhnya pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 04 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Jenggawah 04 yang terdiri dari 24 siswa, yaitu 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari 2011 sampai dengan 21 Januari 2011. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan post-tes. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 43,8% dan aktivitas guru 76,5%. Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar siswa dalam mengerjakan post-test pada siklus I terdapat 16 siswa yang tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≥ 65 dan 8 siswa yang tidak tuntas yaitu mendapatkan nilai ≤ 65 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,7%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih dibawah ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus II hasil belajar siswa maupun aktivitas siswa mengalami peningkatan. Untuk hasil terdapat 21 siswa yang tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≥ 65 dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≤ 65 dengan persentase 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal. Pada analisis tersebut terlihat jelas adanya peningkatan persentase aktivitas siswa yang semula siklus I sebesar 43,8% dan pada siklus II menjadi 87,5% yaitu naik sebanyak 43,7%. Persentase ketuntasan klasikal yang semula siklus I sebesar 66,7% dan pada siklus II menjadi 87,5% yaitu naik sebanyak 20,8%. Siswa yang belum mencapai ketuntasan klasikal dari nilai siklus I ke siklus II harus diberi perhatian dan bimbingan yang lebih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya dengan menggunakan media kartu bergambar. Dari siklus I sampai siklus II siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar, sehingga pembelajaran dianggap berhasil atau tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13442
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository