• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X.E Tahun Ajaran 2012/2013 MAN 2 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Fitrah Dewi_1.pdf (1.446Mb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Fitrah Dewi Mustikasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil karakter pada pra siklus cenderung BT (belum terlihat), karakter siklus I cenderung MB (mulai berkembang) yaitu siswa melakukan karakter belum konsisten hal ini karena masih ada beberapa siswa yang masih belum mengerti karakter yang ditingkatkan dalam strategi pembelajaran ini, dan karakter siklus II cenderung MB (mulai berkembang) tetapi sudah ada beberapa siswa yang melakukan karakter MK (mulai konsisten). Hasil pembelajaran pada pra siklus didapatkan rata-rata hasil tes siswa sebesar 73,15. Hasil tersebut sudah melebihi ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu 70. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pra siklus sebesar 64,70% dengan 22 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas. Hasil belajar pada siklus I adalah 71,76. Nilai ini sudah mencapai nilai standart ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu sebesar 70. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I sebanyak 25 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,52%. Hasil belajar pada siklus II, maka didapatkan hasil rata-rata tes siklus II sebesar 75,29, tingkat ketuntasan belajar 82,35% dengan 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran index card match dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil karakter siswa yang meningkat dari pra siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13439
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository