Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Cahyani
dc.date.accessioned2013-12-27T06:08:46Z
dc.date.available2013-12-27T06:08:46Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210193026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13433
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi ARCS yang diberikan sebelum dilaksanakannya siklus I dan sesudah siklus II. Hasil persentase motivasi pra siklus I pada aspek attention sebesar 58,94%, aspek relevance sebesar 57,2%, aspek confidence sebesar 70,78%, dan aspek satisfaction sebesar 72,18%. Hasil persentase motivasi pasca siklus II pada aspek attention meningkat sebesar 13,09% dari 58,94% menjadi 72,03%, aspek relevance meningkat sebesar 17,36% dari 57,2% menjadi 74,56%, aspek confidence meningkat sebesar 9,87% dari 70,78% menjadi 80,65%, dan aspek satisfaction meningkat sebesar 14,13% dari 72,18% menjadi 78,87%. Hasil rata-rata capaian motivasi belajar siswa pada semua aspek ARCS pasca siklus II sebesar 25,08 sehingga mengalami peningkatan sebesar 4,35 dari 29,73 pada pra siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kognitif dan psikomotor. Nilai kognitif diambil dari nilai pos tes dan tes di setiap akhir siklus sedangkan psikomotor dinilai dari kegiatan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS. Ranah psikomotor meningkat 13,4% dari 75,7% menjadi 89,1%. Ranah kognitif dilihat dari hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes pada akhir siklus I sebanyak 21 siswa tuntas dan 16 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 56,8%. Hasil tes pada akhir siklus II sebanyak 30 siswa tuntas dan 7 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 81%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 24,2%. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193026;
dc.subjectTipe CIRC, LKS, Biologien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record