Show simple item record

dc.contributor.authorDina Kumalawati
dc.date.accessioned2013-12-27T06:06:25Z
dc.date.available2013-12-27T06:06:25Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210193019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13432
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi, untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi, untuk menguji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan kuasi eksperimen pada kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran tes hasil belajar siswa, aktivitas siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas, dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Analisis terhadap aktivitas kolaboratif siswa kerja sama dalam kelompok, presentasi hasil diskusi, dan memperhatikan penjelasan guru. Analisis terhadap data aktivitas diperoleh besarnya signifikansi 0,000 (< 0,05). Jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran PBL dengan media animasi memberikan pengaruh positif dalam meningkatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Hal ini berarti bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Dari hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol berniali positif 2.867. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan media animasi gambar memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dengan media animasi gambar di SMP Negeri 1 Rogojampi dapat meningkatkan aktivitas kolaboratif dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193019;
dc.subjectProblem Based Learning, Media Animasi Gambar, Sistem Peredaran Darahen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA ANIMASI GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record