Show simple item record

dc.contributor.authorLENI PURWANTI
dc.date.accessioned2013-12-27T04:49:37Z
dc.date.available2013-12-27T04:49:37Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210391036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13401
dc.description.abstractEkonomi sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan disekolah, berkaitan dengan proses belajar mengajar terutama mengenai sarana yang digunakan. Salah satu sarana tersebut adalah sumber belajar. Buku merupakan sumber belajar yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran.Soal yang terdapat dalam buku teks tersebut membantu guru dalam proses evaluasi. Dalam evaluasi guru mengambil soal-soal dari buku teks. tetapi belum mengetahui tingkat kognitifnya. Sehingga diharapkan dari penelitian ini dapat membantu untuk mengetahui tingkat kognitif yang terdapat dalam soal-soal pilihan ganda (objektif) pada buku teks terbitan Ganeca Exact tersebut agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Soal latihan pada buku teks ekonomi yang dijadikan alat evaluasi harus sesuai dengan tingkat berfikir siswa. Taraf berfikir dalam Revisi Taksonomi Bloom menurut Anderson dibagi menjadi enam tingkatan yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi dan kreasi. Sedangkan soal yang baik adalah adanya proporsi yang tepat antara jumlah soal yang tergolong mudah, sedang, dan sulit. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana tingkat kognitif soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact? 2) Bagaimana Validitas soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact? 3) Bagaimana kesesuaian soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan silabus dan kurikulum? 4) Bagaimana soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan kriteria soal yang baik? Adapun Penelitan ini dilakukan untuk 1) menganalisis tingkat kognitif soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact, 2) mengetahui kesesuaian Validitas soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact? 3) mengetahui kesesuaian soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan silabus dan kurikulum? 4) mengetahui soal pilihan ganda pada buku teks ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember terbitan Ganeca Exact dengan kriteria soal yang baik Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember dengan objek penelitiannya adalah 40 soal pilihan ganda uji kemampuan akhir tahun (akhir semester genap) mata pelajaran ekonomi yang terdapat dalam buku teks ekonomi terbitan Ganeca Exact. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tingkat kognitif dan tingkat kesesuaiannya dengan kriteria soal yang baik serta indikator dalam silabus. Analisis mengenai tingkat kognitif diperoleh hasil bahwa proporsi tingkat kognitif soal pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Jember pada buku teks terbitan Ganeca Exact ialah 17 soal atau 42.5% (C1), 7 soal atau 17,5 % (C2), 8 soal atau 20% (C3), 8 soal atau 20% (C4), 0% (C5), dan 0% (C6) dapat ditulis dengan perbandingan 6:4:0. Soal buku teks dilihat dari validitas isi secara keseluruhan sudah dapat dikata valid. Namun, Jika dibandingkan kriteria soal yang baik menurut Sudjana 3:4:3 maka prosentase soal kategori mudah, sedang dan sulit belum proporsional atau belum memenuhi syarat kriteria soal yang baik Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa soal pilihan ganda pada uji akhir tahun buku teks Ganeca Exact mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Jember masih membutuhkan perbaikan. Soal buku teks terbukti belum memenuhi syarat yang proporsional. Selain itu soal buku teks tersebut banyak memiliki tingkat kognitif yang tidak sama dengan indikator dalam silabus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391036;
dc.subjectTingkat Kognitif Soal Pilihan Gandaen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PILIHAN GANDA PADA BUKU TEKS EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record