• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Mahasiswa PPL dalam Penerapan Model Pembelajaran dan Tingkat Ketepatannya dalam Implementasi serta Hubungannya dengan Capaian Hasil Belajar Biologi (SMA Negeri di Kota Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Wendra Syehrofi - 0800210193008_1.pdf (90.83Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Wendra Syehrofi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Oleh karena itu, perubahan dan perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan hingga saat ini utamanya ditekankan pada profesionalisme tenaga guru. Guru merupakan ujung tombak yang sangat menentukan dari keseluruhan perangkat tenaga penggerak sektor pendidikan yang ada Guru lebih ditekankan untuk menciptakan pembelajaran yang mnyenangkan Cara guru menciptakan suasana kelas akan berpengaruh terhadap respon siswa dalam proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran juga tidak lepas dari penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membangun kurikulum, mendesain bahan intruksional, dan sebagai pengarah terhadap kegiatan di dalam kelas atau di luar kelas. Hal tersebut juga ditekankan pada mahasiswa PPL yang melakukan praktek pembelajaran. Program Pengalaman Lapangan merupakan jalan untuk menciptakan calon guru yang berkompeten dan profesional. Rumusan masalah dari penlitian ini adalah model pembelajaran apa saja yang digunakan mahasiswa PPL biologi, bagaimanakah tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL biologi, serta adakah hubungan tingkat ketepatan implmentasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL biologi terhadap capaian hasil belajar siswa di SMA Negeri di Kota Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL biologi dan hubungan tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan mahasiswa PPL terhadap hasil belajar siswa biologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di wilayah kota Jember pada bulan November 2012. Sekolah yang dipilih sebagai tempat penelitian yaitu SMA Negeri Arjasa, SMA Negeri 4 dan 5 Jember. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Responden dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, dokumentasi, dan observasi mengajar. Data yang telah diperoleh dianalsis dengan analisis statistik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa PPL biologi antara lain yaitu: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, Teams Games Tournament, dan Student Teams Achievement Division. Berdasarkan hasil rekapitulasi penggunaan model pembelajaran bahwa mahasiswa PPL yang menggunakan model pembelajaran langsung mempunyai persentase 40,9%, NHT mempunyai presentase 18,2%, TGT mempunyai persentase 9,1 %, dan STAD mempunyai persentase 31,8%. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan nilai P = 0,690 dan memiliki nilai r = 0,09 yang berarti bahwa tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran mempunyai korelasi yang sangat rendah terhadap hasil belajar siswa biologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa PPL adalah pembelajaran langsung, NHT, TGT, dan STAD serta tingkat ketepatan implementasi model pembelajaran yang diterapkan oleh mahasiswa PPL biologi tidak berkorelasi terhadap hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13399
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository