dc.description.abstract | Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa teknik menjelaskan yang
tidak komunikatif dan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung dalam
kegiatan belajar mengajar. Teknik tersebut menyebabkan 65,71 % siswa tidak dapat
mengerti dan memahami penjelasan guru sehingga tidak ada respon dari siswa
mengenai materi yang diajarkan. Guru selalu mendominasi dalam kegiatan belajar
mengajar, sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian
menghafalnya, padahal mengajar bukan lagi menyampaikan pengetahuan melainkan
memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam proses
memperoleh informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa
sehingga diharapkan siswa itu memahami dan memaknai dengan baik pengetahuan di
dalam pikirannya, hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa
khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta
tanah air. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah
tersebut yaitu dengan menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi dan
sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa.
Peta konsep dapat menunjukkan secara visual berbagai cara yang dapat
ditempuh dalam menghubungkan pengertian konsep di dalam permasalahanya. Peta
konsep yang dibuat dapat membantu guru untuk mengetahui kesalahan konsep yang
dimiliki siswa dan untuk memperkuat pemahaman konseptual guru sendiri dan
disiplin ilmunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) apakah penerapan
teknik peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I SDN
Sukorejo 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPS, (2) berapakah prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV semester I SDN Sukorejo 02 Tahun
Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil siswa dalam pembelajaran IPS
melalui teknik peta konsep di kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember Tahun Pelajaran
2010/2011, (2) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar kelas IV SDN Sukorejo
02 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui teknik peta konsep.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember yang
terdiri dari 35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 06 Desember 2010 sampai dengan 14
Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember.
Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, presentase hasil
belajar siswa mencapai 64,14% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 62,86%.
Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75%, dan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 91,43% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II
28,57%.
Secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sukorejo 02
Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil
belajar dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan
cinta tanah air, prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 62,86%
dengan siswa tuntas sebanyak 22 dari 35 siswa sedangkan prosentase ketuntasan
klasikal hasil belajar siklus II yaitu 91,43% dengan siswa tuntas sebanyak 32 dari 35
siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 28,57%, dapat
menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa
untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik
sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat
meningkatkan keakraban siswa. | en_US |